Elang Ausindo 2023 Manado: Simulasi Pertempuran Udara F-16 TNI AU Vs F-35 RAAF Makin Seru dengan Skenario 2V1+1

22 September 2023

Latma Elang Ausindo 2023 (all photos : TNI AU)

Air Maneuver Exercise (AMX) Latma "Elang Ausindo 2023," mencapai tahap menegangkan dengan pelaksanaan Disimilar Air Combat Maneuver (DACM) antara Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF di atas langit Manado, Kamis (21/9/2023).

Pesawat Tempur F-16 TNI AU mendapatkan kesempatan untuk berlatih dengan Pesawat F-35 RAAF di langit Manado dalam skenario dua lawan satu plus satu (2V1+1). Dalam skenario ini sepasang F-16 dan sepasang F-35 menuju area latihan, kemudian setelah "Fights on" maka dua pesawat "Blue" akan bertemu dengan satu pesawat "Red 1", dan selanjutnya setelah pesawat "Red 1" killed (tertembak) maka pesawat "Red 2" akan masuk menyerang dan kedua pesawat "Blue" harus siaga menghadapi serangan dadakan setelah mengeroyok pesawat "Red 1".


Untuk latihan DACM hari ini dilaksanakan untuk menguji kemampuan taktis dan keahlian pilot dalam taktik air combat untuk kerjasama menyerang dan bertahan dalam Flight Team.

Komandan Flight Latihan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi Kapten Pnb Windi "Lion" Darmawan mengatakan bahwa pertarungan udara dalam skenario 2V1+1 menguji kecepatan reaksi, manuver, dan koordinasi antara Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF. Di sinilah pilot dari kedua negara menunjukkan keterampilan luar biasa mereka dalam menjalankan tugas ini, menciptakan momen bersejarah di langit Manado.


Latihan ini juga memberikan kesempatan bagi kedua negara untuk memperkuat diplomasi pertahanan mereka dan membangun kepercayaan di antara kedua angkatan udara. Para penerbang dari kedua negara bertukar informasi dan pengalaman untuk membantu mengukuhkan hubungan strategis mereka.

Elang Ausindo 2023 diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap keamanan dan stabilitas di kawasan, seraya memperkuat ikatan persahabatan antara Indonesia dan Australia. Latihan ini menunjukkan bahwa kolaborasi militer antarnegara dapat menciptakan sinergi yang kuat dan menghadirkan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam menumbuhkan "Confidence Building Measures", saling percaya antara kedua negara.

Subscribe to receive free email updates: