KRI Sembilang-850 Latihan Menembak Sasaran Permukaan

24 September 2023

KRI Sembilang-850 (SBL) Kapal Patroli Cepat (Patrol Craft-PC) kelas Pari dipersenjatai dengan senapan mesin Seahawk 30mm dan Mitraliur 12,7mm (photo : Radar Indonesia, Koarmada 2)

Ditengah pelaksanaan Operasi Mandau Segara-23 di Bawah Kendal Operasi (BKO) Guskamla Koarmada I, KRI Sembilang (SBL)-850 melaksanakan latihan penembakan sasaran permukaan terapung.

Komandan KRI SBL-850, Mayor Laut (P) Rifqi Muarief menyampaikan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan profesionalisme prajurit khususnya mengenai prosedur penembakan dan prosedur misfire.

Adapun senjata yang digunakan dalam latihan ini adalah Meriam 30 mm, Seahawk LW30M A1 dan Meriam 12,7 mm Mitraliur. Meriam 30 mm Seahawk ini memiliki 3 metode penembakan antara lain single shot, burst (3-5 butir), dan rapid (200 rpm). Penembakan meriam ini dapat dilakukan dalam dua mode, yaitu secara remote dan manual, sistem kamera menggunakan Electro Optics Mounting Assembly (EOMA) yang dapat meningkatkan akurasi dan presisi hasil perkenaan tembakan pada sasaran.

Komandan Gugus Tugas Keamanan Laut Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Tony Herdijanto di tempat terpisah menyampaikan terimakasih dan rasa bangga terhadap KRI SBL-850 yang tetap melaksanakan latihan ditengah kesibukan operasi BKO Danguskamla Koarmada I untuk meningkatkan dan mempertahankan profesionalisme prajurit.

Hal tersebut senada dengan penegasan Pangkoarmada I, Laksda TNI Achmad Wibisono yang selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali agar tetap meningkatkan profesionalisme prajurit selama melaksanakan tugas.

(KoArmada2)

Subscribe to receive free email updates: