Manuver MBT Leopard 2A4 Yonkav 8 Kostrad dan M1 ABRAMS dalam Latihan Super Garuda Shield 2023

05 September 2023

Latihan Super Garuda Shield 2023 di Puslatpur V Marinir Baluran Situbondo (all photos : Yonkav 8, 1st Armoured Regiment, ADF)

Latihan Drill Teknis Personil dan Materiil

Prajurit Yonkav 8/NSW/2 Kostrad berlatih drill teknis personel dan materiil dalam rangka Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2023, di Puslatpur 5 Marinir, Baluran, Asembagus, Minggu (27/08/2023).

Para prajurit melaksanakan beberapa materi drill yang terdiri dari latihan tahap Taktik Manuver Kavaleri untuk ke sasaran, dilanjutkan pemberian materi loader dan petembak kanon oleh Serka Eri Yulianto dari Pusdikkav.


Sementara itu, Kapten Kav Rachmat Junianto Wibowo, S.H., sebagai Wakil Koordinator Latihan Kavaleri yang turut hadir di medan latihan, menyampaikan latihan drill kesiapan personel dan materiil bertujuan melatih dan mempersiapkan seluruh Prajurit Kavaleri yang tergabung dalam Latgabma Super Garuda Shield 2023, agar dapat memberikan kemampuan dan teknik bertempur dengan baik dan benar dihadapkan pada medan yang sesungguhnya.


Kegiatan Latgabma Super Garuda Shield ini merupakan latihan untuk terus mengasah dan mempertajam naluri tempur melalui latihan bersama, baik dalam latihan gabungan antar satuan TNI maupun latihan militer multinasional, dan menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.


Briefing Konsep Manuver dengan 1st Armoured Regiment, ADF

Prajurit Yonkav 8/NSW gelar Briefing konsep manuver dalam rangka latihan gabungan Super Garuda Shield (SGS) 2023 di daerah Latihan Asem Bagus, Jawa Timur. Rabu (30/08/2023).

Kegiatan Briefing konsep manuver ini dilakukan untuk mensinkronisasikan kegiatan saat bermanuver di medan yang sebenarnya.


Wadanpussenkav Tinjau Kesiapan Yonkav 8/NSW2 Kostrad Jelang Latgabma Super Garuda Shield 2023

Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Wadanpussenkav), Brigjen TNI Supriyatna, S.I.P., M.M., mengunjungi Pos Kotis Yonkav 8/NSW/2 Kostrad dalam rangka Latgabma Super Garuda Shield TA. 2023 di Puslatpur V Marinir, Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Kamis (31/08/2023).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Wadanpussenkav) Brigjen TNI Supriyatna, S.I.P., M.M. melakukan kunjungan ke Pos Kotis Yonkav 8/NSW/2 Kostrad guna mengecek kondisi personel serta memberikan pengarahan kepada penyelenggara dan pelaku.


Saat menyampaikan arahan kepada prajurit yang terlibat Latgabma Super Garuda Shield TA. 2023 Wadanpussenkav berharap agar prajurit-prajurit Yonkav 8/NSW/2 Kostrad bisa melaksanakan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab, jaga nama baik satuan, Korps Kavaleri dan Kostrad.

"Kita Korps Kavaleri yang memiliki semboyan Tri Daya Cakti, yang berarti daya gerak, daya tembak dan daya kejut. Kavaleri adalah Raja di medan pertempuran, untuk itu mari kita buktikan kepada dunia kemampuan Korps Kavaleri Angkatan Darat." tegasnya.


Puslatpur V Marinir Baluran Situbondo dipenuhi debu manuver dari  MBT Leopard 2A4 dan M1 Abrams

Prajurit Yonkav 8/NSW/2 Kostrad melaksanakan kegiatan lanjutan dari Latgabma (SUPER GARUDA SHIELD) dengan 1st ARMOURED REGIMENT, AUSTRALIAN DEFENSE FORCE.

Komponen latihan meliputi keterlibatan taktik manuver Tank, dan pertukaran ahli materi pokok (SMEE).


Tujuan dari pelaksanaan SMEE tersebut adalah memberikan kesempatan terbuka untuk pertukaran ide dan saran yang dapat mengembangkan kerjasama yang lebih besar sekaligus membangun persahabatan antara dua negara.

Pertukaran Subject Matter Expert Exchange (SMEE)

Prajurit Yonkav 8/NSW/2 Kostrad melaksanakan kegiatan lanjutan dari Latgabma (SUPER GARUDA SHIELD) dengan 1st ARMOURED REGIMENT, AUSTRALIAN DEFENSE FORCE di Puslatpur V Marinir Baluran Situbondo, Sabtu(02/09/2023).


Komponen latihan meliputi keterlibatan taktik manuver Tank, dan pertukaran ahli materi pokok (SMEE).

Tujuan dari pelaksanaan SMEE tersebut adalah memberikan kesempatan terbuka untuk pertukaran ide dan saran yang dapat mengembangkan kerjasama yang lebih besar sekaligus membangun persahabatan antara dua negara.


Materi Troops Leading Procedure (TLP)

Prajurit Yonkav 8/NSW/2 Kostrad melaksanakan kegiatan lanjutan dari Latgabma SUPER GARUDA SHIELD 17/2023 dengan 1st ARMOURED REGIMENT, AUSTRALIAN DEFENSE FORCE dengan materi Troops Leading Procedures (TLP) yang bertempat di Puslatpur V Marinir, Baluran Situbondo, Minggu (03/09/2023).


Troops Leading Procedure (TLP) merupakan proses perencanaan persiapan operasi yang dilaksanakan pada tingkatan Komandan Kompi ke bawah sehingga dapat menghasilkan Rencana Operasi yang sesuai dengan keinginan Komando Atas serta mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan unsur Komandan Bawahan dalam suatu operasi.

Subscribe to receive free email updates: