Singapura Operasikan Combatant Craft untuk Pasukan Khusus Angkatan Laut

07 April 2023

Combatant Craft Large (CCL) Pasukan khusus RSN (photo : Jane's)

Jenis baru Combatant Craft (kapal tempur) yang pertama kali diluncurkan oleh Singapura pada tahun 2021 kini telah beroperasi penuh, kata Kementerian Pertahanan negara (MINDEF) kepada Janes.

Kapal yang dijuluki combatant craft large (CCL) ini beroperasi dengan formasi pasukan khusus (special forces) Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) yang dikenal sebagai Naval Diving Unit (NDU).

NDU bertanggung jawab atas operasi seperti penjinakan/pembuangan persenjataan bahan peledak bawah air, kontra-terorisme, dan misi pasukan khusus lainnya.

CCL dikembangkan oleh RSN bekerja sama dengan Badan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Pertahanan (DSTA) negara itu, dan “dirancang dan dibangun secara lokal”, kata MINDEF dalam pernyataannya pada tahun 2021, mungkin mengacu pada unit kelautan pertahanan utama ST Engineering.

“CCL dirancang untuk sangat dapat bermanuver dan mencapai kecepatan tinggi, yang memungkinkan pesawat itu beroperasi di lingkungan padat dan mencapai lokasi target dengan cepat,” tambah pernyataan itu.

Kapal berlambung aluminium ini memiliki panjang keseluruhan 26 m dan lebar 5 m. Itu dapat menampung empat awak termasuk seorang komandan kapal, seorang pengemudi, seorang navigator, dan seorang insinyur.

Didukung oleh dua mesin MTU dan digerakkan oleh dua jet air Kamewa, CCL dapat mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 35 knot dan memiliki jangkauan lebih dari 400 n mil, menurut rincian yang diberikan oleh MINDEF.

CCL dilengkapi dengan radar dan sistem elektro-optik yang menggabungkan laser yang aman untuk mata, mungkin untuk tujuan jangkauan target. Suite komando kapal telah digabungkan dengan tampilan bagan elektronik dan sistem informasi, sistem identifikasi otomatis maritim (AIS), dan kompas giro.

Subscribe to receive free email updates: