Indonesia-Ceko Lanjutkan Kerja Sama Pengembangan Rudal ADS-400

20 April 2023

Konsep gelaran sistem rudal ADS-400 (all photos : Indonesia Defence Review)

Jakarta – Indonesia dan Republik Ceko sepakat melanjutkan kerja sama di bidang pengembangan alutsista dengan menandatangani Strategic cooperation agreement dalam joint-production Kompleks Rudal Pertahanan Udara Jarak Menengah ADS-400.

Kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko YM Petr Fiala, CSG dan Republikorp ke Indonesia tersebut utamanya mengembangkan rudal pertahanan ADS-400.


“Kerja sama ini semakin strategis sebagai wujud persahabatan kami yang tulus dengan Republik Indonesia. Kami akan terus membesarkannya,” kata CEO Excalibur International Milos Sivara, dalam acara Indonesia-Czech Business Forum 2023 yang di gelar dikutip 19 April 2023.

Excalibur International sendiri merupakan sebuah perusahaan eksportir pertahanan dari Republik Ceko yang merupakan bagian dari Czechoslovakgroup a.s.


Diketahui, ADS-400 adalah kompleks rudal pertahanan udara yang dilengkapi oleh rudal, peluncur, dan radar yang digunakan sebagai sistim senjata untuk melindungi sebuah wilayah dari serangan pesawat udara generasi ke lima, helicopter, UAV dan rudal jelajah.

Dalam fungsinya, ADS-400 memiliki jangkauan deteksi hingga 470km dan jangkauan rudal hingga 100km.


Sistem rudal teranyar ini dikembangkan oleh Roketsan, Turki dan Retia, Republik Ceko dengan menggaet Republikorp sebagai mitra industri dalam negeri untuk kerja sama produksi dan integrasi lokal.

Selain kerja sama pengembangan alutsista tersebut, pertemuan kedua negara juga membahas berbagai isu strategis utama seperti pendidikan dan energi terbarukan.

Subscribe to receive free email updates: