KF-21 Boramae Tembakkan Rudal IRIS-T untuk Pertama Kalinya

09 April 2023

KF-21 Boramae berhasil menembakkan rudal IRIS-T untuk pertama kalinya (all photos : DAPA)

Pengujian peluncuran senjata KF-21 terus berlanjut. Kali ini, Boramae menembakkan rudal udara-ke-udara berpemandu inframerah (IRIS-T) AIM-2000 untuk pertama kalinya.


Pertengahan minggu lalu, pesawat tempur baru Korea Selatan melakukan uji peluncuran pertama yang sukses dari mock-up rudal udara-ke-udara Meteor. Pada pesawat Blok I, yang dianggap sebagai generasi 4.5, Meteor akan ditempatkan di posisi semi-tersembunyi di bawah badan pesawat. Dimulai dengan Blok II, Meteor akan diluncurkan dari internal weapons bay Boramae masa depan. Bersamaan dengan peluncuran Meteor, uji tembak meriam dilakukan, di mana DAPA (Defense Acquisition Programs Administration) melaporkan bahwa mereka menembakkan 100 peluru meriam 20mm.

Rudal udara-ke-udara jarak pendek IRIS-T (photo : Diehl)

Dan kemarin, prototipe kedua KF-21 berhasil menguji tembakkan rudal IRIS-T dari pylon di bawah sayap. Informasi yang tersedia sejauh ini menunjukkan bahwa, seperti dalam kasus F-35 Lightning II, rudal udara-ke-udara jarak pendek akan dicantelkan pada pylon sayap eksternal, bukan di kompartemen atau internal bay, yang melindungi mereka dari pancaran radar musuh.

Subscribe to receive free email updates: