New Zealand Mencari Helikopter Angkatan Laut Baru

29 April 2023

Helikopter Seasprite SH-2G (I) RNZN (photo : Seaforces)

Sebuah Permintaan informasi (request for information/RFI) telah dirilis oleh New Zealand Defence Force (NZDF) untuk program Penggantian Helikopter Maritim (MHR) baru yang akan memberikan platform baru untuk menggantikan delapan helikopter Seasprite SH-2G (I) yang ada.

RFI – diterbitkan pada 24 April – mencari solusi helikopter menengah yang mencakup sistem wahana udara tanpa awak, melalui dukungan operasi, pelatihan, dan sistem pendukung misi. MHR diharapkan beroperasi selama 25 tahun.

Di bawah Defence Capability Plan (DCP) 2019, MHR dijadwalkan menelan biaya sekitar NZD 1 miliar (USD 617 juta). Helikopter itu harus dapat melakukan perang multidomain di pesisir dan beroperasi dengan pasukan koalisi – khususnya Lima Negara: Australia, Kanada, New Zealand, Inggris, dan AS.

Peran utama MHR adalah perang anti kapal selam; perang anti-permukaan; dukungan tembakan bersama; intelligence, surveillance, and reconnaissance (ISR); dan misi perlindungan pasukan, serta melakukan berbagai operasi pendukung termasuk SAR, logistik, evakuasi korban, dan operasi boarding.

Menurut RFI, pengiriman ke Royal New Zealand Navy (RNZN) harus dimulai dari pertengahan 2027. Laporan media berspekulasi bahwa Skuadron 6 RNZN, yang mengoperasikan Seasprites, merasa semakin sulit untuk mendapatkan suku cadang untuk helikopter yang mungkin tidak mencapai tanggal out-of-service yang diharapkan dan terpaksa pensiun lebih cepat setelah lebih dari 10 tahun bertugas.

Subscribe to receive free email updates: