AL Thailand Dalam Pembicaraan dengan China untuk Menyelesaikan Sengketa Mesin kapal Selam: PM

21 April 2023

Kapal selam S-26T buatan CSOC China (photo : AAG)

Thailand saat ini sedang dalam pembicaraan dengan China untuk mengakhiri kebuntuan atas mesin kapal selam, kata Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-o-cha pada hari Selasa.

Dia membuat pernyataan setelah kapal terbaru Angkatan Laut Kerajaan Thailand (RTN) – kapal angkatan yang akan berfungsi sebagai kapal pendukung kapal selam (submarine tender) – dikirim di Hudong-Zhonghua Shipbuilding di Shanghai pada hari Senin.

Kapal angkatan laut baru itu adalah landing platform dock tipe-071 model terbaru yang dibangun oleh China Shipbuilding Trading dengan biaya 6,1 miliar baht.

Ini akan digunakan untuk mendukung kapal selam kelas S26T Yuan China, yang pengirimannya telah tertunda karena perselisihan mengenai mesinnya.

RTN dilaporkan memulai putaran pembicaraan baru minggu lalu untuk beralih dari sub mesin buatan Jerman yang awalnya ditentukan ke mesin CHD620 buatan China.

“RTN telah mengeluarkan pedoman untuk menangani masalah ini,” kata Prayut kepada pers di Government House di Bangkok.

HTMS Chang 792 kapal LPD yang akan berfungsi sebagai submarine tender (photo : The Nation)

Kapal selam, yang diproduksi oleh China Shipbuilding & Offshore International Co (CSOC) milik negara, awalnya diharapkan akan dikirim pada tahun 2023.

Konstruksi kapal selam macet ketika perusahaan Jerman yang akan memasok mesin diesel MTU396 ke CSOC untuk dipasang di kapal selam Thailand, menarik diri, mengatakan embargo Uni Eropa melarangnya menjual barang-barang militer ke China.

Mengikuti perkembangan tersebut, CSOS menawarkan untuk memasang mesin buatan China di kapal selam. Pemerintah Thailand menolak pertukaran mesin, bersikeras menggunakan mesin Jerman seperti yang ditentukan dalam kontrak.

Prayut mengatakan pasokan, peralatan, dan senjata modern diperlukan untuk memastikan keamanan di Thailand, meliputi darat dan laut.

Dia menambahkan Thailand harus mendengarkan rekomendasi China tentang mesin kapal selam terlebih dahulu.

"Masalah ini tentang kontrak antara Thailand dan China," katanya, menegaskan bahwa China siap untuk berbicara dengan Thailand tentang masalah ini.

Prayuth mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping tentang masalah ini selama KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik pada November tahun lalu.

"Semua orang harus mengerti bahwa Thailand tidak memiliki kekuatan militer yang besar," katanya. “Kita harus menjaga diri kita sendiri, terutama di daerah perbatasan.”

(The Nation)

Subscribe to receive free email updates: