Republik Ceko Ingin Memasok Lebih Banyak Pesawat dan Radar ke Vietnam

26 April 2023

Pesawat tempur ringan L-39NG pesanan Vietnam (photo : Aero)

HANOI, (Reuters) - Vietnam sedang dalam pembicaraan dengan Republik Ceko untuk pasokan peralatan militer, termasuk pesawat terbang, radar, upgrade kendaraan lapis baja dan senjata api, kata sumber pemerintah Ceko kepada Reuters, karena Hanoi bertujuan untuk mendiversifikasi persenjataannya yang sebagian besar milik Rusia.

Keamanan adalah salah satu topik utama yang dibahas dengan para pemimpin Vietnam oleh Perdana Menteri Ceko Petr Fiala dalam kunjungan tiga hari pekan lalu, kata pejabat tersebut, mencatat bahwa perusahaan keamanan adalah komponen terbesar dari delegasi bisnis yang mendampingi Fiala.

Bekas negara satelit Soviet itu dipandang memiliki posisi yang baik untuk memenuhi beberapa kebutuhan keamanan Vietnam yang terus meningkat karena perusahaan militernya unggul dalam memperbaiki peralatan Rusia dan sering memproduksi peralatan baru yang kompatibel dengan senjata warisan Soviet - suatu keterampilan yang sangat dihargai di Vietnam, di mana 80% persenjataan lokal diperkirakan berasal dari Rusia.

Selama dua dekade terakhir, Praha telah memposisikan dirinya sebagai pemasok utama senjata Uni Eropa ke Vietnam, menurut data dari think-tank SIPRI Stockholm.

Tambahan pesawat tempur ringan

Hanoi memesan selusin pesawat tempur ringan L-39NG pada tahun 2021 dari pabrikan Ceko Aero Vodochody, dengan pengiriman akan dimulai tahun ini. Ada pembicaraan untuk mengirimkan lebih banyak pesawat seperti itu, kata sumber itu, yang menghadiri pertemuan tingkat tinggi dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena pembicaraan itu bersifat internal.

Di akhir pertemuan antara Fiala dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, pemerintah Vietnam mengatakan "kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan-keamanan", di antara bidang lainnya.

Pejabat itu mengatakan bahwa Praha dapat mendukung transfer teknologi senjata dan manufaktur lokal jika kesepakatan pasokan yang signifikan tercapai.

Dari 15 perusahaan yang tergabung dalam delegasi bisnis Ceko, empat di antaranya adalah perusahaan keamanan. Mereka adalah Cekoslovakia Group, Colt CZ Group, Omnipol dan STV Group, kata pejabat itu.

Omnipol memiliki saham minoritas di Aero Vodochody dan memiliki Aircraft Industries, pembuat pesawat kargo L 410 NG Ceko, yang penjualannya juga dibahas minggu lalu dengan pejabat pengadaan militer Vietnam, kata pejabat itu.

Pembicaraan serupa diadakan dalam beberapa hari terakhir dengan pejabat sipil Indonesia dan mitra Filipina, sebagai bagian dari tur delegasi Ceko ke negara-negara Asia.

Pejabat Omnipol juga mengadakan pembicaraan di Vietnam tentang kemungkinan penjualan radar penggunaan ganda untuk dipasang di bandara sipil dan militer, kata pejabat itu.

Di Hanoi, STV Group dan Cekoslovakia Group membahas kemungkinan kontrak untuk meng-upgrade tank buatan Soviet dan kendaraan lapis baja Vietnam dengan teknologi canggih termasuk peralatan komunikasi.

Di bawah kontrak tersebut, perusahaan juga dapat menyediakan suku cadang dan pemeliharaan, kata sumber tersebut, mencatat bahwa pembicaraan masih awal dan tidak ada kesepakatan baru yang ditandatangani minggu lalu.

"Anda tidak punya banyak pilihan jika ingin mempertahankan peralatan lama Soviet tetap berfungsi. Dan mungkin melakukannya dengan cara yang lebih canggih," kata Duta Besar Ceko untuk Hanoi Hynek Kmonicek kepada Reuters.

Seorang eksekutif di Excalibur Army, yang merupakan bagian dari Cekoslovakia Group, mengatakan pembicaraan tentang kemungkinan pengiriman kendaraan lapis baja baru, peluncur roket, dan howitzer berjalan sangat lambat.

Kemungkinan penjualan senjata api juga didiskusikan dengan Colt CZ Group, perusahaan induk Ceko yang memiliki pembuat karabin dan senapan AS yang telah lama berdiri, kata sumber itu.

(Reuters)

Subscribe to receive free email updates: