Wakasau Tinjau Lokasi Pembangunan Radar di Sumba Barat Daya

01 Maret 2023

Peninjauan lokasi pembangunan radar TNI AU (photo : TNI AU)

PASOLAPOS.COM – TAMBOLAKA, Dalam rangka kegiatan peninjauan lahan pembangunan Radar di Sumba, Wakil Kepala Staf TNI – Angkataan Udara Marsekal Madya A. Gustaf Brugman, M. Si (Han) bersama rombongan tiba di Bandara Lede Kalumbang.

Pantauan media ini yang turut hadir dalam penjemputan Wakil Kepala Staf TNI – AU (Waksau) yakni Bupati SBD dr Kornelius Kodi Mete,Wakapolres Sumba Barat Daya, Dandim 1629 SBD, atau yang mewakili, Kolonel Gerardus Maliti, Sekda Kabupaten SBD, Melkianus Lubalu, Komandan Pos TNI AU Tambolaka yakni Lettu Widodo, Komandan TNI AU, serta seluruh rombongan Wakil Kepala Staf AU yang baru saja tiba.

Setelah tiba di Bandara Lede Kalumbang Wakil Kepala Staf TNI – AU bersama rombongan, serta didampingi lansung oleh Bupati Kodi Mete,bersama rombongan menuju Pos TNI AU yang bertempat di Desa Rada Mata, Kec. Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa, 28/02/2023.

Kepada media ini Marsekal Madya A Gustaf Brugman, M. Si, menyampaikan untuk saat ini ada 25 radar, salah satunya akan diposisikan di Sumba. Proses Pengadaan radar ini merupakan program Kementrian Pertahanan, untuk pengadaannya saat ini sudah berjalan.

Lokasi radar di desa Kahale, kecamatan Kodi Balaghar, kabupaten Sumba Barat Daya, provinsi Nusa Tenggara Timur (image : GoogleMaps)

”Tujuan kunjungan disini bersama tim guna melakukan survei, agar bisa memastikan lansung tempat pembangunan radar” ungkapnya.

Lanjutya menyampaikan harapan kami ada dukungan yang baik. Saya punya harapan orang Sumba punya rasa memiliki, karena ini digunakan penerbangan keselamatan, kami sudah bawa langsung bagian pegadaan radarnya, sehingga sudah pasti dalam waktu yang dekat akan dibangun, ungkap wakil kepala staf TNI AU.

”Udara ini juga perlu diawasi, maka itu kita perlu kita bangun radar, karena kita disini masih  kosong” ujarnya kepada Media saat ditemui di pos TNI-AU.

Terkait proses pembangunan radar, Kasau berpesan untuk memenuhi persyaratan dan kualitas yang ditentukan, supaya mendapatkan hasilnya yang baik. Pembangunan satuan ini sangatlah strategis, untuk itu mohon kepada seluruh pihak, baik Forkopimda dan masyarakat agar dapat mendukungnya, karena ini semua untuk pertahanan negara,” harap Wakasau.

Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai perkembangan pembangunan di wilayah NTT dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi tempat pembangunan Radar di desa Kahale oleh Wakil Kepala Staf TNI-AU beserta rombongan.

Subscribe to receive free email updates: