TNI AU Akan Kedatangan Alutsista Baru, 5 Unit Pesawat Hercules dan 2 Helikopter

11 Februari 2023

C130J Super Hercules TNI AU (photo : Carlos Barcelo)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, TNI AU akan kedatangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) baru dalam waktu dekat.

"Di tahun ini juga dapat saya sampaikan akan berdatangan beberapa alutsista yang akan menjadi kebanggaan bangsa," kata Fadjar saat ditemui di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/2/2023).

Fadjar menjelaskan, alutsista yang akan datang itu adalah pesawat jenis Hercules C-130.

Meski tidak menyebut waktu kedatangan alutsita baru tersebut, Fadjar menyebut pesawat buatan Amerika Serikat itu akan dimiliki sebanyak lima unit.

"Kira-kira bulan depan akan tiba," papar Fadjar.

Dua helikopter H225M dalam tahap finishing di PT DI (photo : Dwi Haryadi)

Selain Hercules C-130, Fadjar mengungkapkan akan ada dua helikopter jenis H225M dan sudah berada di PT Dirgantara Indonesia.

"Itu tahun ini akan kita terima karena sebetulnya sudah ada di PT DI sedang dipersiapkan dan akan kita terima," tutur dia.

Kedatangan Alutsista baru ini, kata Fadjar, sebagai bentuk persiapan personil dan peralatan dalam pertahanan udara Indonesia.

"TNI AU selaku pembina kekuatan, selalu berupaya dan melaksanakan tugas-tugas dalam menyiapkan personil dan peralatannya untuk siap dengan apapun juga yang akan terjadi. Dan ini tentunya berdasarkan hasil analisis intelijen," imbuh dia.

Subscribe to receive free email updates: