Prototipe Jet Tempur KF-21 Keempat (Kursi Tandem) Berhasil Lakukan Penerbangan Pertama

21 Februari 2023

Prototipe keempat (kursi tandem) pesawat tempur KF-21 Boramae (photo : FMAero)

Prototipe keempat pesawat tempur Korea Selatan KF-21 Boramae berhasil melakukan penerbangan perdananya pada Senin, kata badan pengadaan senjata, sebagai tanda kemajuan terbaru dalam proyek pengembangan jet canggih.

Prototipe dua kursi lepas landas dari Sayap Pelatihan Terbang ke-3 Angkatan Udara di Sacheon, sekitar 300 kilometer selatan Seoul, pada pukul 11:19 dan menyelesaikan penerbangan 34 menit, menurut Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA).

Prototipe pertama dan kedua dari KF-21 melakukan penerbangan pertama mereka masing-masing pada bulan Juli dan November tahun lalu, sedangkan yang ketiga melakukan penerbangan perdananya bulan lalu.

Sementara tiga prototipe yang diluncurkan sebelumnya masing-masing memiliki satu kursi, yang keempat adalah dua kursi. Dalam tes hari Senin, hanya satu pilot yang menggunakan prototipe karena penerbangan awal hanya dimaksudkan untuk memeriksa keamanan model.

Prototipe keempat (kursi tandem) pesawat tempur KF-21 Boramae (photo : DAPA)

DAPA mengatakan prototipe keempat akan digunakan untuk melihat apakah perbedaan antara prototipe kursi tunggal dan dua kursi akan berdampak pada pengoperasian pesawat dan juga akan melakukan tes avionik pada radar AESA (AESA).

Model dua kursi akan digunakan sebagian besar untuk melatih pilot, menurut DAPA.

Badan itu mengatakan berencana untuk mulai melakukan penerbangan untuk dua prototipe lagi pada paruh pertama tahun ini di bawah rencana untuk melakukan total 2.000 penerbangan uji pada Februari 2026.

Diluncurkan pada tahun 2015, proyek KF-21 senilai 8,8 triliun won (US$6,8 miliar) ditujukan untuk mengembangkan pesawat tempur supersonik untuk menggantikan armada jet F-4 dan F-5 Korea Selatan yang sudah tua.

Prototipe KF-21 pertama mencapai kecepatan supersonik untuk pertama kalinya dalam uji terbang bulan lalu.

Subscribe to receive free email updates: