Indonesia Mencari Pemberi Pinjaman Asing untuk Program UCAV

10 Februari 2023

Bayraktar 2 UCAV (photo : Poland MoD)

Kementerian Keuangan Indonesia (Kemenkeu) telah menyetujui permintaan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk pengadaan kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) dengan pinjaman luar negeri, dan negara sedang mengevaluasi pemberi pinjaman yang cocok untuk ini.

UCAV adalah bagian dari daftar 16 program untuk tahun di mana izin untuk mengambil pinjaman luar negeri telah diberikan oleh Kementerian Keuangan, asalkan kontrak formal ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan (MoD) sebelum 31 Desember 2023, dokumen disediakan ke Janes menunjukkan.

Persetujuan untuk pengadaan kendaraan tak berawak telah diberikan secara terpisah untuk masing-masing dari tiga angkatan bersenjata dan termasuk penyediaan amunisi yang dipasang UCAV.

Rudal MAM-L (photo : Rokatsan)

Untuk Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU), Kementerian Keuangan telah mengizinkan jumlah pinjaman hingga USD200 juta untuk pengadaan UCAV dan batas USD38,115 juta untuk amunisi yang dipasang UCAV.

Tidak ada indikasi untuk jenis kendaraan udara tak berawak (UAV) yang dapat diperoleh, tetapi untuk amunisi, dokumen secara khusus menyebutkan bahwa TNI-AU harus mendapatkan rudal pintar ringan MAM-L, yang tampaknya mengacu pada lini Roketsan, bom berpandu kecil yang dilansir dengan nama yang sama.

Untuk Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL), jumlah pinjaman hingga USD100 juta telah diberikan. Angkatan Darat juga telah diberi izin untuk mengambil hingga USD10,89 juta untuk memperoleh amunisi yang dipasang UCAV, dan seperti TNI-AU, ini mestinya juga rudal MAM-L.

Subscribe to receive free email updates: