Singapura Mengintegrasikan "Python-5" Buatan Israel ke dalam F-16C/D-nya

16 Juli 2023

F-16C/D Angkatan Udara Singapura (photo : RSAF)

(DSA) – Sebagai bagian dari program Mid-Life Upgrade (MLU) dari jet tempur Lockheed Martin F-16 C/D/D+, Angkatan Udara Singapura telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengintegrasikan pesawat tersebut dengan Python-5 rudal udara-ke-udara.

Demikian disampaikan Aviation Week dalam laporannya.

Rudal udara-ke-udara jarak pendek generasi kelima "Python-5" dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel, Rafael Advanced Defense System dan dikatakan sebagai rudal udara-ke-udara paling mumpuni yang digunakan oleh Angkatan Udara Israel, dapat mencapai kecepatan hingga Mach 4 dan jarak 20km.

Angkatan Udara Israel juga dikatakan berencana untuk melengkapi jet tempur F-35 "Adir" dengan rudal "Python-5".

Pengembangan varian awal rudal udara-ke-udara "Python-5" dikatakan telah dimulai sekitar tahun 1990-an dan rudal tersebut secara resmi diluncurkan ke publik selama Paris Air Show pada tahun 2003.

Rudal udara ke udara Python-5 (photo : Rafael)

Rudal tersebut telah menunjukkan kemampuan deteksi dan pelacakan target yang baik selama fase pengembangan dan operasionalnya.

Rudal Python-5 menggabungkan desain badan pesawat aerodinamis dari rudal Python-4.

Itu juga mempertahankan sistem navigasi inersia (INS), motor roket, detonator dan proximity fuse dari varian rudal "Python" sebelumnya.

Python-5 adalah rudal penggunaan ganda, baik udara-ke-udara dan darat-ke-udara, selain mengintegrasikan imaging seeker, perangkat lunak modern,  advanced infrared counter-countermeasure (IRCCM) dan sistem kontrol penerbangan.

Berat total rudal Python-5 adalah 105kg, dengan kemampuan membawa 11kg bahan peledak jenis “high explosive fragmentation”  yang dilengkapi dengan sekering “active laser proximity.”

Seiring dengan rudal Derby, Python juga digunakan dalam sistem pertahanan udara "Spyder".

Selain Angkatan Udara Singapura, rudal udara-ke-udara "Python-5" juga digunakan oleh pesawat tempur Angkatan Udara India, Angkatan Udara Georgia, dan Angkatan Udara Peru.

Program upgrade pesawat F-16C/D/D+ Singapura dilakukan oleh Lockheed Martin dan ST Engineering Aerospace.

Angkatan Udara Singapura memiliki 62 pesawat tempur F-16C/D Block 52, dengan 14 pesawat ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Amerika Serikat sementara 48 pesawat ditempatkan di pangkalan udara domestik.

Penempatan sejumlah pesawat ditempatkan di Amerika Serikat untuk tujuan pelatihan.

Amerika Serikat memasok Singapura dengan 62 pesawat F-16 antara tahun 1998 dan 2003.

Pekerjaan untuk meningkatkan pesawat F-16 Singapura, yang diperkirakan bernilai US$2,4 miliar (RM10,8 miliar), juga termasuk melengkapi jet tempur Singapura dengan radar AESA AN/APG-83 SABR (Scalable Agile Beam Radar) yang dikembangkan oleh Northrop Grumann.

Selain dilengkapi dengan radar AESA baru, pesawat F-16C/D Block 52 Singapura juga akan menerima peralatan baru yang terdiri dari komputer misi baru, Joint Helmet Mounted-Cueing System (JHMCS) yang memungkinkannya diintegrasikan dengan radar udara. Rudal ke udara Rudal AIM-9X dan GBU-38 Joint Direct Attack Munition (JDAM).

Selain itu, pesawat F-16 Singapura yang ditingkatkan juga akan dapat membawa dan meluncurkan GBU-49/50 Enhanced Paveway II Dual-Mode Guided Bombs dan senjata CBU-105 Sensor-Fuzed.

Pesawat F-16 Angkatan Udara Republik Singapura juga disebut menggunakan sistem Electronic Warfare Suite buatan Israel namun hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak manapun di Singapura.

(DSA)

Subscribe to receive free email updates: