Luerssen Ajukan Korvet C90 untuk Angkatan Laut Australia

31 Juli 2023

Korvet Lurssen C90 (image : Lurssen)

Pembuat kapal Jerman, Lürssen, mengusulkan korvet C90 yang dapat dikirim ke Angkatan Laut Australia pada tahun 2028. Galangan yang dikenal juga sebagai NVL Group, di Australia beroperasi melalui anak perusahaan, Luerssen Australia.

Desain korvet C90 sepanjang 90 meter yang diusulkan didasarkan pada dua Kapal Patroli Modular Multiguna standar NATO (Multipurpose Modular Patrol Vessels/MMPV 90) yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Bulgaria di Varna, Bulgaria.

Luerssen mengatakan setiap kapal dirancang untuk skenario keamanan dan pertempuran maritim, dengan displacement 2100 ton, awak 60 (ditambah 25 orang), ditenagai oleh dua mesin diesel dengan kecepatan 22 knot dan jangkauan hingga 6000 mil laut. Perusahaan telah mengindikasikan dua kapal akan dibangun bersamaan dengan pemotongan baja pada tahun 2024, yang pertama selesai dan dikirim pada tahun 2028 dan selanjutnya setiap sepuluh bulan.

C90 dapat dilengkapi dengan radar pencarian 3D, radar pengendali tembakan, dua radar navigasi, sistem manajemen tempur, sensor elektro-optik dan IR, sistem peringatan laser, sonar yang dipasang di lambung DSIT Blackfish Israel, sonar derek (opsional), sistem peluncuran jalan buritan (stern ramp launching system), helikopter multi-misi berukuran sedang, dan dek pendaratan.

Setiap kapal dapat dipersenjatai dengan meriam super cepat 76mm (120 putaran per menit), meriam sekunder anti-pesawat dan anti-permukaan 35mm, enam belas VLS, delapan rudal permukaan ke permukaan (dengan potensi 16 untuk Australia), pengecoh torpedo dan flare/chaff countermeasures, dua senapan mesin 12,7mm (untuk Angkatan Laut Bulgaria) dan dua peluncur torpedo tiga tabung.

Desain C90 kemungkinan perlu diperpanjang untuk menampung helikopter yang lebih besar karena helikopter menengah Bulgaria AS565 Panther saat ini (panjang 13,68m, tinggi 3,97m) dibandingkan helikopter RAN MH-60R Seahawk (panjang 19,7m, tinggi 5,18m).

See full article DefenceConnect)

Subscribe to receive free email updates: