S. Korea Kembangkan Teknologi untuk Mendeteksi Rudal Anti-kapal Canggih

20 Juli 2023

Model kapal perusak KDDX generasi mendatang Korea Selatan yang dipamerkan pada International Maritime Defense Industry Exhibition di Busan (photo : Yonhap)

SEOUL (Yonhap) -- Korea Selatan telah mengembangkan teknologi pendeteksi sinyal yang memungkinkan kapal perang untuk menemukan rudal anti-kapal canggih yang menuju ke sasaran, kata badan penelitian senjata negara pada hari Selasa, di tengah upaya untuk meningkatkan kesiapan terhadap ancaman rudal Pyongyang yang berkembang.

Teknologi ini mendeteksi sinyal rudal yang masuk dalam dua dimensi, membuka jalan bagi kapal perang untuk menemukan rudal yang baru dikembangkan yang menukik ke kapal dengan kecepatan hipersonik, menurut Badan Pengembangan Pertahanan/Agency for Defense Development (ADD).

Sementara teknologi deteksi sebelumnya hanya mengukur azimuth dari sinyal ancaman untuk menemukan rudal anti-kapal yang bergerak di atas air pada ketinggian rendah, teknologi yang baru dikembangkan ini juga mendeteksi ketinggian sinyal.

“Melalui (teknologi) ini, dimungkinkan untuk meningkatkan kemampuan deteksi rudal kapal perang dengan menemukan sinyal ancaman musuh di udara,” kata badan tersebut.

Badan ini bertujuan untuk melengkapi kapal perusak KDDX generasi berikutnya, yang saat ini sedang dikembangkan, dengan teknologi baru.

Ia juga berencana untuk mengembangkan lebih lanjut teknologi untuk penerapannya pada berbagai platform, seperti kapal perang yang dilengkapi sistem tempur Aegis dan kendaraan udara tak berawak.


Subscribe to receive free email updates: