Naval Group Prancis Ingin Membantu PH Mengembangkan Pangkalan Kapal Selam

15 Juli 2023

Render kapal selam Scorpene di laut Philipina (image : Naval Group)

MANILA – Pabrikan pertahanan Prancis Naval Group telah menyatakan kesediaan untuk membantu Angkatan Laut Filipina (PN) mengembangkan Subic Bay di Zambales menjadi pangkalan angkatan laut modern yang mampu menangani operasi kapal selam setelah mengantongi kontrak untuk kapal perang canggih yang mampu beroperasi di bawah air.

"Naval Group akan mendukung PN dalam merancang dan memperlengkapi kembali lokasi di Agila Subic untuk menjadikannya pangkalan angkatan laut modern. Naval Group juga akan mendukung PN dalam penerapan sistem dukungan nasionalnya untuk memastikan otonomi penuh penggunaan negara dan di seluruh pemeliharaan dan siklus hidup armada kapal selam,” direktur penjualan korporat Naval Group untuk Filipina Loïc Beaurepaire mengatakan dalam sebuah presentasi dengan sekelompok wartawan terpilih, Kamis.

PN sebelumnya telah mengumumkan bahwa Subic Bay akan menjadi lokasi pangkalan kapal selamnya.

Ini termasuk proposal untuk dermaga yang mampu menangani lebih dari dua kapal selam dan kapal permukaan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan kekuatan, zona operasi untuk pusat komando skuadron, pangkalan pemeliharaan dan depot logistik, dan Pusat Pelatihan Angkatan Laut Filipina yang mencakup ruang kelas dan simulator. 

Pangkalan Agila Subic (image : GoogleMaps)

Beaurepaire juga mengatakan mereka juga akan mendukung "pelatihan spesialis pemeliharaan" bersamaan dengan pengembangan kemitraan dengan "industri lokal untuk mentransfer pengetahuan dan teknologi kami untuk operasi pemeliharaan."

Dia menambahkan bahwa mereka juga akan bekerja untuk "kualifikasi rantai pasokan lokal."

Naval Group adalah produsen kapal selam diesel-elektrik Scorpene yang termasuk dalam daftar platform kapal selam pilihan negara dan dievaluasi oleh pejabat angkatan laut dan pertahanan pada tahun 2019.

Perusahaan itu pada rabu membuka Kantornya di Filipina yang melambangkan komitmen Prancis dalam mendukung upaya negara itu untuk "memperkuat kedaulatannya dan mengembangkan kapasitas keamanan maritimnya."

Di bawah Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), negara tersebut berencana untuk memperoleh dua hingga tiga kapal selam untuk memperkuat armadanya.

Anggaran untuk program akuisisi kapal selam PN diperkirakan antara PHP70 miliar hingga PHP100 miliar.

Ini termasuk dua kapal selam dan paket dukungan logistik terintegrasi mereka, bersama dengan persyaratan pangkalan awal. 

See full article PNA

Subscribe to receive free email updates: