Angkatan Laut Singapura Akan Kirimkan 2 Kapal Perang untuk "Super Garuda Shield 2023"

15 Juli 2023

RSS Endeavour Landing Ship Tank (photo : Jerry E)

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkatan Laut Singapura akan mengirimkan dua kapal perang mereka untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield 2023. 

Itu disampaikan Chief of Navy Republic of Singapore Navy (RSN) Rear Admiral (RADM) Sean Wat saat melakukan kegiatan kunjungan terhadap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (13/7/2023). 

“Terkait dengan kerja sama pada aspek latihan, Angkatan Laut Singapura akan mengirimkan dua kapal perangnya yaitu RSS Endeavour dan RSS Vigour pada Latihan Super Garuda Shield 2023,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksma I Made Wira Hady dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/7/2023). 

Adapun Latma Super Garuda Shield 2023 rencananya diikuti 22 negara sahabat. Belum diketahui jadwal pasti pelaksanaannya. 

RSS Vigour missile corvette (photo : Vladimir Knyas)

Dalam pertemuan tersebut, KSAL Ali juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi RSN di sejumlah event internasional yang digelar oleh TNI AL, seperti Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 dan Pasific Amphibious Leaders Symposium (PALS). 

Pertemuan ini sebagai sarana untuk memperkuat kerja sama bilateral antara Angkatan Laut kedua negara. 

“Kedua pimpinan Angkatan Laut ini sepakat dalam peningkatan profesionalitas latihan antara kedua negara dan menunjukkan dukungan timbal balik yang kuat,” demikian isi siaran pera Dispenal. 

RADM Sean Wat beserta delegasi juga dijadwalkan untuk melaksanakan pertemuan dengan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI serta mengunjungi Markas Komando Armada II Surabaya.

Subscribe to receive free email updates: