Australia Akan Mempercepat Pengembangan MQ-28A Ghost Bat

18 Juli 2023

MQ-28A Ghost Bat (photo : Boeing)

Departemen Pertahanan Australia (DoD) telah diarahkan oleh pemerintah untuk mempercepat pengembangan kendaraan udara tak berawak (UAV) Boeing Australia MQ-28A Ghost Bat, sumber informasi telah mengungkapkan kepada Janes.

Menurut sumber tersebut, DoD telah diberitahu oleh Menteri Pertahanan Richard Marles untuk mengajukan opsi “tanpa penundaan” untuk mengembangkan program dan mendukungnya dalam produksi badan pesawat Blok 2.

MQ-28A yang berdaulat sedang dikembangkan oleh Boeing Australia dalam kemitraan dengan pemerintah Australia, dan percepatan program tersebut diidentifikasi sebagai prioritas dalam Defense Strategic Review (DSR) pemerintah, yang diterbitkan pada bulan April. Pesawat Ghost Bat pertama melakukan penerbangan perdananya pada Februari 2021.

Peran serta industri Australia bersama Boeing (image : Aus DoD)

Boeing Australia sudah terikat kontrak untuk memproduksi 10 MQ-28A untuk pengembangan dan pengujian, empat di antaranya dilaporkan telah terbang.

Saat ini, pengembangan MQ-28A terus berlanjut melalui pengujian sistematis baik di lingkungan langsung maupun digital, termasuk di kawasan uji Woomera di Australia Selatan.

Selama blok pengujian saat ini, MQ-28A telah terbang di bawah kontrol 'perilaku otonom' dari sistem misi untuk pertama kalinya daripada dikendalikan dari stasiun kontrol darat Woomera, sumber tersebut melaporkan.

Pengujian digital dari sistem misi berlanjut, dengan lebih dari 17.000 jam pengujian dilakukan di lingkungan pertempuran yang disimulasikan. Ini dirancang untuk menilai perilaku otonom yang akan disempurnakan dalam misi langsung dan virtual di masa depan, kata sumber tersebut.

Subscribe to receive free email updates: