Pesawat Growler Pengganti Dikirim ke RAAF

21 Maret 2023

Sebuah pesawat RAAF EA-18G berangkat dari Nellis AFB selama Latihan Red Flag 2023 di bulan Januari (photo : ADF)

Sebuah Boeing EA-18G Growler baru telah dikirimkan ke RAAF Amberley, meningkatkan ketersediaan dan mengembalikan armada pesawat serang elektronik RAAF menjadi lengkap.

Pesawat tersebut diperoleh sebagai pesawat untuk menggantikan satu pesawat yang rusak parah dan kemudian dihapuskan dalam kecelakaan lepas landas di Nellis AFB pada Januari 2018. Rencana akuisisi pesawat pengganti diumumkan pada September 2021.

Proyek EA-18G Growler telah menjadi kesuksesan luar biasa bagi RAAF dan Departemen Pertahanan secara lebih luas mengingat kecanggihan sistem dan tantangan yang terkait dengan integrasi cepatnya ke dalam struktur pasukan. Growler RAAF pertama, A46-301, diluncurkan di fasilitas Boeing St Louis pada Juli 2015. Dua pesawat EA-18G pertama RAAF membuat debut publik mereka di Avalon Airshow 2017, dan semua 12 telah dikirimkan pada pertengahan 2017.

Growler mencapai kemampuan operasional awal (IOC) dengan RAAF pada April 2019, dan kemampuan operasional penuh (FOC) diharapkan dapat dicapai dengan pengiriman rangkaian pelatihan elektronik baru yang sedang dikembangkan sebagai bagian dari Proyek AIR 5439 Fase 6 Program Growler tingkat lanjut.

Fase 6 juga akan mencakup pengembangan kooperatif sistem AN/ALQ-249(V)1/2/3 Next-Generation Jammer (NGJ) dengan Angkatan Laut AS, penyempurnaan komputer inti pesawat, tampilan kokpit, dan peningkatan lainnya di paralel dengan program Growler Block II Angkatan Laut AS, dan akuisisi Northrop Grumman AGM-88E2 Advanced Anti-Radiation Guided Missile (AARGM) dan AGM-88G AARGM-ER yang baru.

Australia telah mendapatkan persetujuan untuk mengakuisisi AARGM-ER canggih oleh Departemen Luar Negeri AS pada 27 Februari 2023. AARGM-ER menampilkan badan pesawat pengangkat baru dan motor baru untuk hampir menggandakan jangkauan AGM-88E.

Subscribe to receive free email updates: