Malaysia Mengusulkan Peningkatan Anggaran yang Kuat dengan Memperhatikan Pengadaan Peralatan Militer

02 Maret 2023

Korvet Damen Sigma 9113 yang telah mengalami peningkatan untuk pengajuan LMS batch ke-2 yang dipamerkan pada ajang DSA 2022 (photo : Jane's)

Malaysia telah mengusulkan anggaran pertahanan 2023 sebesar MYR17,74 miliar (USD3,97 miliar), peningkatan nominal 10% dari alokasi awal 2022 sebesar MYR16,14 miliar.

Pengeluaran – diumumkan pada 24 Februari – terdiri dari MYR11,4 miliar untuk biaya operasional dan MYR6,3 miliar untuk biaya pengembangan, termasuk pengadaan. Ini mewakili peningkatan tahun-ke-tahun masing-masing sebesar 3% dan 26%.

Anwar Ibrahim, perdana menteri dan menteri keuangan Malaysia, mengindikasikan dalam pidato anggarannya bahwa peningkatan yang kuat dalam pengeluaran pembangunan dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan Angkatan Tentera Malaysia (ATM). Dia mengatakan “sekitar MYR4,1 miliar” dari anggaran telah dialokasikan untuk pemeliharaan dan akuisisi tetapi tidak memberikan rincian.

Dokumen anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menunjukkan bahwa 71% biaya operasional akan dihabiskan untuk gaji, dengan sebagian besar sisanya dialokasikan untuk layanan dan perbekalan.

Janes Defence Budgets membuat memperkirakan pertumbuhan anggaran pertahanan Malaysia yang kuat (image : Jane's) 

Dari pengeluaran pembangunan, Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (TLDM) dan Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (TUDM) masing-masing menerima 28% dan 27%, sedangkan Angkatan Darat Malaysia (TDM) telah dialokasikan 16%. Semua peningkatan yang kuat.

Anwar juga mengatakan bahwa kemampuan TUDM dipengaruhi oleh kekurangan dalam proses pengadaan pertahanan negara. Sebagai contoh, dia menunjuk pada pengadaan enam Littoral Combat Ship (LCS) Malaysia dari industri lokal, sebuah program yang telah tertunda beberapa tahun.

“Kelemahan tata kelola pengadaan di masa lalu mempengaruhi kesiapan pertahanan negara,” katanya. “Pengadaan LCS menelan biaya lebih dari MYR6 miliar [namun] belum ada yang selesai. Pelanggaran seperti itu tidak dapat diulangi.” Kapal LCS pertama diharapkan akan dikirim ke TLDM pada pertengahan 2020-an.

Subscribe to receive free email updates: