Brahmos Aerospace Ingin Jual Rudal Senilai Rp3 Triliun ke Indonesia

17 Maret 2023

Rudal Brahmos varian pertahanan pantai (photo : OvertDefense)

NEW DELHI, iNews.id - Perusahaan pertahanan yang berbasis di India, BrahMos Aerospace berharap capai kesepakatan pembelian rudal jelajah supersonik dengan Indonesia. Nilai jual beli rudal itu setidaknya mencapai 200 juta dolar AS atau sekitar Rp3 triliun. 

CEO BrahMos Aerospace', Atul D. Rane pada Rabu (15/3/2023) mengaku pihaknya sedang dalam diskusi lanjutan dengan pemerintah Indonesia untuk kesepakatan senilai 200-350 juta dolar AS. BrahMos Aerospace menawarkan diri memasok rudal berbasis pantai dan versi yang dapat dipasang di kapal perang.

"Saya punya tim sekarang di Jakarta. Kesepakatan diharapkan tercapai dalam tahun ini. Pasukan pertahanan Indonesia sangat tertarik," kata Rane kepada Reuters dalam sebuah wawancara.  

Seorang juru bicara Menteri Pertahanan Indonesia, pada Rabu menolak untuk memberikan komentar langsung. Dia mengaku perlu memeriksa informasi itu terlebih dahulu.

BrahMos merupakan perusahaan patungan antara India dan Rusia. Perusahaan itu mencapai kesepakatan luar negeri pertamanya tahun lalu dengan penjualan rudal anti-kapal berbasis pantai senilai 375 juta dolar AS ke Filipina. Itu menjadi bagian dari dorongan ambisius Perdana Menteri India Narendra Modi untuk melipatgandakan ekspor pertahanan. 

BrahMos juga ingin mendapatkan pesanan lanjutan senilai 300 juta dolar AS dengan Filipina. Misilnya dijadwalkan akan dikirim ke Korps Marinir Filipina mulai akhir tahun 2023.

Sayangnya seorang juru bicara Departemen Pertahanan Nasional Filipina tidak segera menanggapi permintaan komentar. (INews)

Presentasi rudal Brahmos di Korps Marinir TNI AL (photo : Korps Marinir)

Wadan Kormar Suherlan Hadiri Presentasi Brahmos Supersonic Missile System For Coastal Defence And Naval Ships

Dispen Kormar TNI - AL (Jakarta), Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menghadiri Presentasi BrahMos Supersonic Missile Systems for Coastal Defence and Naval Ships, Produk BrahMos Aerospace, India. Yang bertempat di Gedung Graha Adhya Wicaksana Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal). Jalan RS. Fatmawati Raya No.1, Pondok Labu, Cilandak Jakarta Selatan. Rabu (15/03/23).

Acara diawali dengan sambutan Kadislitbangal, Laksma TNI Dr. Taufik arief S.T, M.M, M.Tr.(Han), CHRMP, CSBA., dilanjutkan dengan sambutan dari Dy Ceo Brahmos Dr. Sanjeev Kumar Joshi serta dilakukan Presentasi oleh Komisaris PT Wahgo International Bapak Pritvi Vaswani beserta tim. Mengakhiri acara presentasi tersebut dilakukan diskusi dan sesi tanya jawab.

Hadir dalam acara tersebut Kadisinfolahtal Laksma TNI Eko Wing Wahyudi, S.T., beserta sejumlah pejabat teras dijajaran TNI AL. (Korps Marinir)

Subscribe to receive free email updates: