Pemindahan Ibukota ke IKN, Pangkalan TNI AL Balikpapan Akan Ditingkatkan Jadi Kodamar

21 Januari 2024

KRI Gusti Ngurah Rai 332 ketika sandar di dermaga Lanal Balikpapan (photo: BorneoUpdate)

POS-KUPANG.COM, Balikpapan - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL ) berencana akan meningkatkan status Pangkalan TNI AL Balikpapan (Lanal balikpapan) menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) TNI AL. 

Peningkatan status Lanal Balikpapan menjadi Kodamar TNI AL itu sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. 

Dengan kenaikan status Lanal Balikpapan di Kalimantan Timur menjadi Kodamar TNI AL Tipe A, maka akan dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Laksamana Muda.

Dikutip dari Puspen TNI, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., meninjau pembangunan Kodamar TNI AL Balikpapan di Dermaga Melawai, pada Rabu (17/1/2024).

Dalam peninjauan itu, Pangkoarmada II didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Kiki Denih Hendrata.

Pangkoarmada II dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pembangunan Kodamar TNI AL ini sejalan dengan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur.

Selain itu, Pangkoarmada II juga menyampaikan dari arahan Kasal bahwa peningkatan status itu juga karena secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan wilayah perairan terbuka sehingga perlu ada peran aktif TNI AL dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas. 

Subscribe to receive free email updates: