Pesawat C-130J Keempat A-1344 akan Tiba Memperkuat TNI AU

15 Januari 2024

A-1344 akan menyusul 3 pesawat C-130J-30 Super Hercules yang telah datang sebelumnya (photo: M. Aria Alauddin)

Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma bersiap menyambut kedatangan satu unit Pesawat C-130J Super Hercules dengan tail number A-1344 pada 22 Januari 2024. Kehadiran pesawat ini menjadi penguatan signifikan bagi Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia (TNI AU), yang sebelumnya telah mengoperasikan 3 Pesawat C-130J-30 Super Hercules.

Proses perakitan hingga persiapan keberangkatan Pesawat C-130J Super Hercules A-1344 dapat dikatakan berjalan sangat lancar. Menurut pendapat Komandan Flight Pemeliharaan (Danflighthar) Skadron Udara 31 Mayor Tek Aprian Trediawan yang sebelumnya menjabat sebagai Resident Project Officer TNI AU di Lockheed Martin menekankan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan yang kuat dari Atase Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia di Washington DC (Athan RI) beserta staf dan para Diaspora Indonesia di sana.

Menurut Mayor Tek Aprian, kolaborasi erat antara TNI AU, Lockheed Martin, dan dukungan penuh dari Athan RI di Washington DC serta Diaspora Indonesia di luar negeri telah menjadi pilar fundamental dalam menjaga kelancaran proses pengadaan dan persiapan keberangkatan pesawat ini. Keberhasilan ini menunjukkan sinergi yang baik berbagai pihak untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara Indonesia.

Kedatangan pesawat ini memiliki tujuan strategis yaitu untuk meningkatkan kapabilitas angkut udara TNI AU, memperluas jangkauan operasi, serta mendukung berbagai misi kemanusiaan dan keamanan nasional. Di tengah dinamika keamanan global, diharapkan kehadiran Pesawat C-130J Super Hercules ini akan memberikan kontribusi positif dalam menjaga ketahanan dan keamanan wilayah udara Indonesia.

(TNI AU)

Subscribe to receive free email updates: