Safety and Airworthiness Joint Working Group Antara TNI AU dan RAAF Sukses

12 Januari 2024

Delegasi TNI AU pada kegiatan SAJWG di Australia (photos: TNI AU)

Delegasi TNI AU yang dipimpin oleh Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MAvMgt., MAIR., bersama Dirlambangja Puslaiklambangjaau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., M.Han., dan lima perwira lainnya, bersama Delegasi Royal Australian Air Force (RAAF) yang dipimpin oleh Air Commodore Tony Jones dan lima perwira lainnya menggelar kegiatan Safety and Airworthiness Joint Working Group (SAJWG) di Canberra, Australia (4 s.d. 8/12/2023).


SAJWG bertujuan menjadi wadah koordinasi yang efektif antara TNI AU dan RAAF untuk meningkatkan safety management system kedua angkatan udara. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, delegasi kedua pihak fokus pada pembinaan dokumentasi lambangja dan kelaikan, latihan, sistem pelaporan, feedback, serta fasilitas dan peralatan.


Sasaran utama kegiatan ini adalah terwujudnya pengembangan bersama budaya lambangja yang kuat, yang menjadi landasan bagi safety management dan kelaikan udara. Dua kegiatan utama yang dijalankan adalah safety meeting dan safety visit.

Safety meeting, yang diadakan pada tanggal 4 Desember 2023 di Russel Office Australian Defence Force Headquarters, Canberra, menjadi forum penting untuk membahas program kerja SAJWG yang telah terlaksana, sedang berjalan, dan rencana program kerja mendatang. Pertemuan ini juga membahas permasalahan atau kendala yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan program kerja.


Sementara itu, safety visit merupakan kegiatan studi banding untuk memahami sistem keselamatan dan kelaikan udara. Delegasi melakukan kunjungan ke berbagai unit di Australia, yaitu Navy Fleet Air Aim Headquarters di Nowra, Skadron 723 RAN yang melaksanakan Sekolah Penerbang bagi Penerbang rotary wing Angkatan darat dan Laut Australia, dan Skadron 822X yang mengoperasikan Alutsista Unmanned Aerial System tipe Schiebel Camcopter S-100. Pada tanggal 6 Desember, delegasi juga mengunjungi Air Command Headquarters dan melakukan courtesy call kepada Air Commander Australia AVM Glen Braz, AM, CSC, DSM.

Dalam evaluasi SAJWG, ditemukan bahws semua kegiatan pada tahun 2023 berjalan baik, dan berhasil mencapai sasaran meningkatkan pengetahuan dan keterampilan TNI AU.


Secara umum, kerja sama antara TNI AU dan RAAF dalam bidang keselamatan terbang, kerja, dan kelaikudaraan dinilai sangat bermanfaat dalam pengembangan budaya lambangja yang kuat, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, serta mempererat persahabatan antara kedua angkatan udara.

Subscribe to receive free email updates: