CH-47F RSAF akan Ditempatkan di Australia

23 Agustus 2020

Helikopter CH-47F RSAF (photo : Vincent Games-Scramble)

Kementerian Pertahanan Australia telah melakukan konfirmasi bahwa Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) akan menambah jumlah helikopter Chinook yang saat ini berpangkalan di Pusat Pelatihan Penerbangan Angkatan Darat di Oakey, Australia. Langkah ini merupakan bagian dari kesepakatan bilateral antara Australia dan Singapura sebagaimana dimuat oleh sumber AustralianDefence.

Singapura telah memesan 16 helikopter CH-47F Chinook yang ditanda-tangani pada bulan November 2016, rencananya sepuluh CH-47F yang saat ini sebagian telah dilakukan uji coba tersebut akan langsung dikirimkan ke Oakey, Australia sedangkan sisanya sebanyak enam unit akan dikirimkan ke Singapura. Pengiriman pertama helikopter baru ini diharapkan terjadi pada kuartal pertama tahun 2021.

Australia dan Singapura menandatangani perjanjian penggunaan pangkalan di Oakey pada bulan Oktober 1996 termasuk ketentuan didalamnya untuk menampung hingga 12 helikopter jenis Airbus Helicopters AS332M/M1 Super Puma dari Singapura untuk dipindahkan ke fasilitas Penerbangan Angkatan Darat di Oakey Australia, dengan opsi untuk menyertakan helikopter Chinook di kemudian hari.

Helikopter CH-47D Chinook pertama telah ditempatkan di Oakey pada bulan September 1998. Sejak itu, helikopter Super Puma dipulangkan ke Singapura dan digantikan oleh lima CH-47D.

Melalui Perjanjian Oakey tahun 2018 antara kedua negara, lima helikopter CH-47D Chinook ini memungkinkan untuk ditambah hingga enam belas helikopter untuk pelatihan pilot pada waktu tertentu. Belum jelas akan dikemanakan 5 helikopter CH-47D setelah helikopter CH-47F baru terkirim.

RSAF saat ini memiliki enam belas helikopter angkut Chinook CH-47SD dalam inventarisnya. Chinook dioperasikan oleh Skuadron 127 di Sembawang (Singapura), dengan detasemen lima Chinook di Oakey (Queensland, Australia) untuk melakukan pelatihan.

(Defense Studies)

Subscribe to receive free email updates: