Tahun 2020 Rencananya Pangkalan TNI AL Kumai Bakal Berdiri

28 Januari 2019


Kumai, Kota Waringin Barat (image : GoogleMaps)

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya tahun 2020 bakal dimulai proses pembangunan  Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kumai.

Pasalnya lahan untuk pembangunan Lanal tersebut sudah disiapkan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) yang berlokasi di pinggir Sungai Kumai dekat dengan lokasi  PLTU EEI Kumai.

Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Kumai Letda (P) Sudjito, Jumat (25/1/2019) menjelaskan, anggaran pembangunan Lanal Kumai tersebut sudah disiapkan oleh TNI AL pada tahun 2020.

"Kami sudah  mengajukan rencana lokasi lahan seluas 10 hektare yang berada dipinggir Sungai Kumai dekat PLTU Jalan Angkatan Muda, Desa Sungai Kapitan. Syukurlah dalam hal ini kita didukung penuh oleh Pemkab Kobar terkait proses pembebasan lahan, jalan masuk lokasi Lanal dan legalitasnya," jelas Danposal yang juga anggota Pasukan Elite TNI AL yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Menurut Danposal, rencana awal pembamgunan Lanal tersebut sedikit mengalami perubahan dari rencana semula yang berada di Jalan Pangkalan Bun Kumai dekat markas Brimob Kompi B Pangkalan Bun dan Basarnas.

"Karena sesuai petunjuk pimpinan, Lanal sesuai lingkup tugas kita di wilayah perairan lokasi Lanal berada di dekat laut atau Sungai Kumai. Sehingga nantinya dermaga Lanal  tersebut bisa disinggahi kapal perang milik TNI AL," jelas Danposal.

Ia kemudian menjelaskan spesifikasi Lanal Kumai bila nantinya sudah terealisasi.

"Lanal Kumai nantinya memiliki tipe D dengan komandan berpangkat Mayor. Sedangkan jenis kapal yang nantinya bakal berpangkalan di Lanal Kumai, saya belum bisa memastikan lantaran hal tersebut adalah kewenangan pimpinan," jelas Danposal.

(BorneoNews)

Subscribe to receive free email updates: