Koopsau I Adakan Pelatihan Communication Tactical Data Link System (CTDLS)

13 Desember 2020

Pelatihan Communication Tactical Data Link System di Koopsau 1 (photo : TNI AU)

TNI AU.  Puskodal Koopsau I menyelenggarakan pelatihan Communication Tactical Data Link System (CTDLS) bekerjasama dengan PT. LEN Industri (Persero). Communication Tactical Data Link System (CTDLS) merupakan sistem yang memungkinkan pertukaran data dari unit udara dan darat melalui jaringan data link. CTDLS terdiri dari tiga bagian sistem, yaitu Airbone Unit, Base Station Unit, dan Command Control (C2) Unit. 

Pemateri langsung diberikan oleh tenaga ahli dari PT LEN Industri antara lain: Muhammad Rubiyanto P., Mutiara Citra W., Novy Mustikawati, Tria Yuda P. Adapun materi yang disampaikan meliputi operasional (operasional C2 System, operasional SAVS, operational Network Monitoring System, operational Basestation Monitoring System, operational Video Client, operational Voice Communication System) dan pemeliharaan CTDLS. Jakarta, Jumat (11/12/2020).

“Pelatihan ini bertujuan untuk tranfer pengetahuan serta penyiapan SDM, baik personel operator maupun personel teknisi dalam mengawaki perangkat CTDLS guna penyajian data operasi dalam proses komando pengendalian.” Tegas Kapuskodal

Pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari ini telah dibuka oleh Kapuskodal Koopsau I Letkol Pnb Erwin Harfansa, M.Tr(Han) mewakili Pangkoopsau I, pada tanggal 7 Desember 2020 dan hari ini(11/12) ditutup secara resmi oleh beliau. Pelatihan diikuti oleh 10 orang peserta terdiri dari 5 orang dari Satkomlek Koopsau i dan 5 orang anggota dari satuan Puskodal Koopsau I.

(TNI AU)

Subscribe to receive free email updates: