Yonranratfib Marinir Laksanakan Harwat Ranpur

15 Oktober 2020

Pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur BTR-50 (all photos : Korps Marinir)

Yonranratfib 1 MAR Laksanakan Harwat Ranpur

Wujudkan kesiapan operasional  kendaraan tempur (Ranpur), Prajurit Batalyon Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 1 Marinir (Yon Ranratfib 1 Mar) melaksanakan pemeliharaan dan perawatan (Harwat) Ranpur, bertempat di garase Ranpur Yonranratfib 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan, Kamis (24/09/2020).

Dalam kegiatan pemeliharaan dan perawatan Ranpur LVT 7 A1 dan BTR 50 P (M) adalah suatu hal yang mutlak dilakukan prajurit Yonranratfib 1 Mar untuk menjaga kesiapan ranpur apabila sewaktu-waktu digerakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis meliputi pengecekan sistem kemudi, radio, mesin transmisi, kelistrikan, pengapian, kekencangan rantai, pengecekan berbagai macam jenis pompa serta pengecekan sistem air radiator, oli dan BBM pada Ranpur.

Danyon Ranratfib 1 Marinir Mayor Marinir Agus Setiyo Budi, M.Tr.Opsla., menyampaikan kegiatan Harwat Ranpur ini sangat penting dilaksanakan dengan tujuan agar Prajurit pengawak kendaraan tempur Ranratfib selalu meyakinkan seluruh kendaraan tempur dalam keadaan siap, serta dapat memahami secara detail karakteristik Ranratfib meliputi LVT 7 A1 dan BTR 50 P (M) secara spesifik, guna keberhasilan dalam tugas.

"Selalu awali setiap kegiatan dengan berdoa, jaga keamanan personel dan material serta selalu terapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak dan menggunakan masker mengingat wabah COVID-19 pada saat ini," pesan Danyon Ranratfib 1 Marinir. (Korps Marinir)

Yonranratfib 2 MAR Laksanakan Harwat Ranpur

Dispen Kormar (Surabaya). Dalam rangka menjaga terpeliharanya kesiapan Kendaraan Tempur (Ranpur) yang menjadi organik satuan, di masa pandemi Covid-19 tidak menghalangi prajurit Fighter Sejati Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) untuk tetap rutin melaksanakan pemeliharaan dan perawatan material tempurnya di Garase, Trian Mar Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya. Rabu (14/10/2020).

Kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam pemeliharan dan perawatan kendaraan tempur (Harwat Ranpur) meliputi tahap persiapan dengan dilakukannnya pengecekan pada bagian mesin transmisi, kelistrikan maupun komponen Ranpur lainnya serta pengecekan kekedapan Ranpur maupun panel dan navigasi laut untuk menuju tahap uji coba manuver kendaraan tempur di darat maupun di laut.

Disela-sela kegiatan tersebut Komandan Yonranratfib 2 Mar, Mayor Marinir Iwan Permana, S.H., M.Tr.Opsla mengatakan, Harwat Ranpur merupakan prioritas utama sebagai prajurit Kavaleri dalam menyiapkan kendaraan tempur, agar selalu dalam keadaan siap operasional dan siap melaksanakan tugas-tugas yang dipercayakan pimpinan, maka dari itu laksanakan kewajiban memelihara kesiapan Ranpur ini dengan serius, semangat dan tetap perhatikan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Tingkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap Ranpur yang kita miliki ini dengan tidak mengabaikan hal sekecil apapun dalam melakukan pemeliharaan secara intensif dan selektif tehadap bagian-bagian vital Ranpur", tegasnya.

"keberhasilan dalam menyiapkan Ranpur pada kondisi siap tempur adalah tanggung jawab dan kewajiban kita bersama dalam melaksanakan tugas pokok satuan untuk menyiapkan dan menyediakan kekuatan dalam mendukung tugas operasional, latihan maupun tugas lainnya", ujarnya.

"Meskipun saat ini kita semua sedang menghadapi pandemi Covid-19, jangan pernah surut untuk terus selalu menyiapkan Ranpur yang kita miliki ini pada kondisi siap", pungkas Danyonranratfib 2 Mar. (Pasmar 2)

Subscribe to receive free email updates: