Dislaikad Ikuti Uji Coba Rantis Sako Next 4x4 dan Ural 6x6 Produksi Rusia

28 Februari 2019


Truk Ural 6x6 (photo : TNI AD)

Kabaglaikmatpal Subdislaik Dislaikad Letkol Cpl Sulaeman Sabana mengikuti ujicoba Rantis buatan Rusia, Sako Next 4x4 dan Ural 6x6 Kontrak Pengadaan TNI AD dari PT. Rajawali Lintas Kreasi yang diselenggarakan oleh Dislitbangad selaku pelaksana kegiatan selama 2 minggu di Laboratorium Dislitbangad Batujajar – Bandung, Jum’at (15/2/2019).

Pelaksanaan uji coba hari pertama dan kedua berlangsung di Laboratorium Dislitbangad Batujajar, Bandung mulai 15 Februari 2019 diikuti dengan pelaksanaan track band dan persiapan teknis sebelum melaksanakan uji daya jelajah lintas Jawa.


Truk Sadko 4x4 (photo : TNI AD)

Uji daya jelajah lintas Pulau Jawa dimulai 18 Februari meliputi uji daya tahan tanjakan dengan kemiringan 15 s.d 30% di daerah Subang, dilanjutkan dengan uji kecepatan aman dan percepatan/perlambatan di ruas Tol Cipali menuju daerah Semarang. Keesokan harinya 19 Februari, uji daya jelajah dilanjutkan dengan rute tol Semarang – Kediri, Ngantang Batu dan Karangploso Malang Jawa Timur sesuai dengan parameter uji. Diharapkan Tim Uji dapat beristirahat di Pusdikarhanud Karangploso Malang Jawa Timur.

20 Februari 2019, uji daya jelajah lintas Pulau Jawa dilanjutkan dengan uji beban tarik Meriam 10 ton untuk Rantis Ural 6x6 dan 5 ton untuk Rantis Sako Next 4x4 di Pusdikarhanus Karangploso Malang Jawa Timur.  Kemudian diikuti dengan uji daya jelajah lanjutan dengan rute Malang – Trenggalek. Sampai di daerah Trenggalek akan dilakukan uji over steering terhadap kedua jenis Rantis, dilanjutkan dengan uji beban panas dengan rute Trenggalek – Probolinggo.

Uji coba Litbang kedua Rantis 21 Februari dilanjutkan dengan daya jelajah Probolinggo – Ponorogo – Sarangan Magetan. Setibanya di Sarangan akan dilakukan beberapa uji meliputi uji kemampuan menanjak sampai 45% dan 60% dengan beban masing-masing 5 ton untuk Rantis Ural 6x6 dan 2,5 ton untuk Rantis Sako Next 4x4; uji hand break pada tanjakan 60% dengan beban dan uji kekenyalan.  Setelah kegiatan uji, daya jelajah dilanjutkan dari Sarangan Magetan menuju Jogjakarta.


Truk Ural 6x6 menarik howitzer (photo : TNI AD)

22 Februari, uji coba daya jelajah dilanjutkan dari Jogjakarta menuju Ambal Kebumen, dan bersamaan dengan uji kecepatan rendah sejauh 10 km. Di Pantai Lebak Bulus Pesantren Ambal, Kebumen Jawa Tengah kegiatan dilanjutkan dengan uji lintas pasir terurai; uji lintas medan bersemak; uji lintas air dan uji lampu tempur.

23 sd. 25 Februari, uji daya jelajah lanjutan dimulai dari Kebumen Jawa Tengah menuju Tasikmalaya Jawa Barat. Setibanya di Tasikmalaya dilanjutkan dengan uji endurance selama 3x24 jam, dengan rute Tasikmalaya – Ciamis – Majalengka -Semedang dan kembali ke Tasikmalaya (terus menerus selama 3x24 jam).

Uji coba Litbang Rantis ini akan berakhir hingga 28 Februari 2019, di Laboratorium Dislitbangad Batujajar Bandung.

(Dislaik AD)

Subscribe to receive free email updates: